Inilah Makna gelang warna warni Jamaah Haji RI

Mengenal Makna Gelang warna pada jamaah Haji Indonesia


Pada tahun 2017 ini kementrian agama telah menetapkan kuota jamaah haji yang akan diberangkatkan, yaitu sebanyak 221.000 jamaah dari seluruh Indonesia.

Seperti yang di lansir okezone.com, tahun ini, kuota jamaah haji Indonesia merupakan jamaah dengan jumlah terbanyak dari seluruh negara yang mengirimkan jamaahnya.

Tentu dari jumlah sebanyak itu, pemerintah akan bekerja semaksimal mungkin dalam melayani dan memenuhi kebutuhan jamaah haji, mulai dari katering, pemondokan dan sarana serta prasarana lainnya.

Tak terkecuali dengan identitas diri, seluruh jamaah haji yang berasal dari Indonesia mempunyai Gelang khusus sebagai tanda bahwa mereka berasal dari Indonesia.

Namun ada hal yang menarik, selain gelang identitas, jamaah haji yang berasal dari indonesia memiliki gelang penanda resiko tinggi yang memiliki warna-warni, yaitu hijau, kuning dan merah.

Nah, apa sebenarnya makna dari ketiga warna gelang risti yang dipakai Jamaah haji indonesia, berikut penjelasan dari Kemenag RI

  1. Gelang risti warna Hijau, yang berarti gelang yang dipakai oleh jamaah haji Indonesia yang berusia di atas 60 tahun dan tidak memiliki riwayat penyakit.
  2. Gelang risti warna kuning, yaitu gelang yang dipakai oleh jamaah haji Indonesia yang berusia di bawah 60 tahun dan memiliki riwayat penyakit
  3. Gelang risti warna merah, yaitu gelang yang dipakai oleh jamaah haji yang berusia di atas 60 tahun dan memiliki riwayat penyakit.
Menarik juga ya, selain sebagai identitas, gelang warna-warni dari jamaah haji Indonesia ternyata memiliki makna tersendiri.


gelang penanda resiko haji jamaah indonesia
Gelang penanda resiko haji



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama