Pemerintah Tetapkan Idul Adha 1 September 2017

Pemerintah Tetapkan Idul Adha 1438 Jatuh Pada 1 September 2017


Pada tahun ini Pemerintah, melalui Kementrian Agama Republik Indonesia telah menetapkan idul Adha jatuh pada tanggal 1 September 2017.

Kepastian ini merujuk pada hasil sidang isbat awal dzulhijjah yang menetapkan 1 Dzulhijjah jatuh pada tanggal 23 Agustus 2017.

"Sudah kami tentukan bahwa tanggal 1 Zulhijjah jatuh pada Rabu, 23 Agustus 2017. Maka, dapat dipastikan bahwa Hari Raya Idul Adha jatuh 10 hari dari besok. Pada 1 September 2017," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Syam.

rukyatul hilal kemenag
Rukyatul Hilal


Hasil dari pengamatan Tim Rukyatul Hilal kementrian Agama yang tersebar di sejumlah titik seperti di Kepulauan Riau, Gedung Kanwil Kemenag DKI Jakarta lantai 7, Pusat Observasi Bulan Pelabuhan Ratu (Sukabumi), Pantai Lageun Aceh Jaya, Bukit Cermin, Bosscha Lembang, Mercusuar Anyer, Posisi hilal sudah terlihat.
Inilah daftar jamaah haji yang wafat di tanah suci
Berdasarkan hal tersebut, sidang isbat yang dihadiri Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Duta Besar negara-negara sahabat, serta perwakilan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). kemudian menetapkan tanggal 1 Dzulhijjah bertepatan dengan tanggal 23 Agustus 2017, ini berarti tanggal 10 Dzulhijjah sudah bisa dipastikan jatuh pada tanggal 1 September 2017.



Red: Zaenal Abidin

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama